Posted by : Unknown Senin, 13 Mei 2013



PENDAHULUAN

Paket kebijakan tentang percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) pada 8 Juni 2007 telah diterbitkan oleh pemerintah.Kebijakan yang tertuang melalui Instruksi Presiden (Inpres) No.6/2007 tersebut diharapkan dapat mempercepat laju pertumbuhan ekonomi, menggerakkan sektor riil, lebih memberdayakan UMKM dan menekan angka pengangguran dan kemiskinan.
  Secara filosofis, zakat diartikan perkembangan. Yakni memiliki potensi besar untuk menstimulus mustahik/dhuafa keluar dari kelemahan ekonomi menuju kemandirian.Zakat pun sesungguhnya akan menjadi sesuatu yang produktif dan solutif, jika dikelola dengan baik dan profesional oleh lembaga zakat yang amanah mengubah mustahik menjadi muzaki. Oleh karenanya, zakat dalam perekonomian sangat relevan terutama jika dikaitkan dengan upaya pengentasan kemiskinan.
Dompet Peduli Umat Daarut Tahiid menghadirkan program zakat produktif dan solutif untuk masyarakat dhuafa, diantaranya dalam program Misykat.
Misykat telah menjadi program pemberdayaan (unggulan) Lembaga Amil Zakat Nasional Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid (DPU DT) yang dikembangkan tidak hanya di Yogyakarta, tapi juga di Jakarta, Tasikmalaya, Semarang,Bandung, Garut, Lampung, Palembang, Pontianak, dan Aceh.

 PEMBAHASAN

Program misykat adalah program unggulan DPU-DT dalam bentuk pemberdayaan ekonomi produktif yang dikelola secara sistematis, intensif dan berkesinambungan. Dalam program ini, anggota Misykat akan mendapatkan pembiayaan dan bergulir, ketrampilan berusaha, pembinaan mental dan karakter, hingga mereka menjadi mandiri.


Visi
Menghantarkan mustahik menjadi muzaki
Misi
  • Meningkatkan pendapatan ekonomi rumah tangga anggota
  • Mengoptimalkan potensi anggota menuju kemandirian
  • Meningkatkan produktivitas, perubahan pola pikir dan kinerja anggota
  • Membudayakan pola hidup hemat dan menabung
  • Meningkatkan akses jaringan, keterampilan dan usaha anggota
Susunan Pengurus DPU-DT Yogyakarta 2011
Kepala Cabang : April Purwanto S. Ag
Keuangan :Wiwin Prasetiowati
Pelayanan : Vista Kumaladewi S. Psi
IT & Database : Nurdin Syaiful Baladi S. T
Kepala Bagian Penghimpunan : Eko Ari Murwanto S. T
Kepala Bagian Pendayagunaan : Yudhi Widyatmoko
Tim Silaturahim : -  Heni Ebtasari S. H
-          Haffizhullah S. Si
Manager Misykat : Yhuroh
Manager Desa Ternak Mandiri & Layanan Kemanusiaan : Nur Ikhsan Bashori S. T
Siapa yang berhak mendapatkan program
·         Masyarakat yang kekurangan secara ekonomi dan yang mempunyai potensi untuk produktif
·         Mustadh’afiin
Kapan Anggota Sudah Berhasil
  1. Adanya peningkatan penghasilan ekonomi rumah tangga
  2. Adanya kesinambungan aset program (distribusi dana bergulir untuk anggota)
  3. Adanya produktivitas ekonomi anggota
  4. Adanya peningkatan akumulasi tabungan anggota
  5. Perubahan karakter dan paradigma berpikir anggota
  6. Terbentuknya kelompok usaha mikro di majelisnya
  7. Menjadi muzaki
Ciri Khas dan Keunggulan
  1. Memiliki strategi menghadapi kredit macet
  2. Pembinaan yang seimbang antara ukhrowi dan duniawi
  3. Sumber dana program Misykat berbasis syariah (dana zakat)
  4. Memiliki jenjang pendidikan yang terstruktur (memiliki kurikulum materi pendampingan)
  5. Perubahan karakter baik dan kuat
  6. Program mudah dan murah direplikasi
  7. Program berkesinambungan bukan charity
  8. Memiliki aset produktivitas (tabungan berencana) dn aset permodalan (dana bergulir)
  9. MiSykat merupakan organisasi mustad’afiin
  10. Model akad bermuara pada syariah
  11. Memiliki tahapan akad (Murobahah, mudhorobah dan musyarokah)


Apa itu Misykat?
Program pembiayaan kredit mikro kaum dhuafa yang dikembangkan Muhammad Yunus yaitu Grameen bank di Bangladesh telah mengilhami lahirnya program Microfinance Syariah berbasis Masyarakat (Misykat) yang didirikan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid (DPU DT) dengan perubahan dan penyesuaian oleh Ir. Iwan Rudi Saktiawan, M.Ag, sejak 5 tahun silam.
Misykat sendiri, kata Iwan, merupakan lembaga keuangan mikro untuk orang-orang miskin yang dananya berasal dari zakat, infak, dan sedekah; yang dikhususkan untuk pemberian dana modal usaha kaum dhuafa. Mereka yang mendapatkan modal dari Misykat lantas diharuskan membuka usaha atau bisnis secara mandiri. Namun sebelumnya, kaum dhuafa dan miskin diharuskan terlebih dahulu mengajukan dan mengikuti pembekalan untuk mengelola uang akan diterimanya nanti. Mereka tiap pekan mengikuti kegiatan pendampingan yang dipandu seorang staf Misykat.
Selain mendapatkan materi yang berkaitan dengan kewirausahaan, leadership, manajemen keuangan, dan juga ada pengetahuan kerohanian (agama) untuk memotivasi mereka. Setelah memahami dan mengetahui tujuan dari uang yang didapatkan dari Misykat, lantas mereka diberi modal dan diwajibkan untuk melaporkan aktivitasnya itu. Mereka yang menjadi anggota Misykat ini punya kewajiban untuk membantu berjalannya program-program pemberdayaan yang dikembangkan Misykat.
“Saya mempraktikannya di Bandung bekerjasama dengan DPU DT. Alhamdulillah sudah banyak kaum dhuafa dan orang miskin, terutama ibu-ibu yang jadi anggota Misykat. Saya lihat ada beberapa karya buah tangan mereka seperti hiasan kembang, peci dan sarung hp rajut, makanan ringan, telor asin, kripik ceker ayam dan lainnya, yang dijual di kawasan Pesantren Daarut Tauhiid. Dari laporan-laporan yang masuk tampak bahwa mereka mengalami peningkatan ekonomi dan mulai terlibat dalam kegiatan keagamaan di sekitar tempat tinggalnya. Saya kira ini bukti nyata bahwa dana umat Islam, baik itu zakat maupun sedekah bisa menjadi solusi memberdayakan masyarakat,” ujar Iwan saat diwawancarai beberapa waktu lalu.
Mereka yang sudah cukup berdaya dan mengalami peningkatan dalam ekonomi, kemudian dimandirikan; sekaligus membuktikan bahwa pendampingan, pelatihan, dan pembinaan yang diterimanya itu bermanfaat dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Mereka juga dianjurkan untuk berbagi dan membantu kaum dhuafa atau mereka yang belum berdaya dengan menjadi donatur.
“Setelah mereka cukup dan agar tidak menjadi tamak, kami imbau menjalankan ibadah sosialnya berupa sedekah atau infak khusus untuk pemberdayaan. Jadi, Misykat ini dari umat untuk umat,” tambahnya.
Hingga kini, Misykat telah menjadi program pemberdayaan (unggulan) Lembaga Amil Zakat Nasional Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid (DPU DT) yang dikembangkan tidak hanya di Bandung, tapi juga di Jakarta, Tasikmalaya, Semarang, Garut, Yogyakarta, Lampung, Palembang, Pontianak, dan Aceh.
Bila direnungkan lebih jauh, geliat pemberdayaan yang dilakukan Grameen Bank maupun Misykat, merupakan wujud lain implementasi keimanan dan keislaman dalam konteks sosial kemasyarakatan.
Sebagaimana dikemukakan oleh Abdul A’la, Guru Besar IAIN Sunan Ampel, Surabaya, bahwa:
“pengembangan zakat produktif dengan tujuan pemberdayaan umat tidak bisa berhenti sebatas pada wacana fikih zakat semata. Zakat dengan karakter transformatif perlu disikapi dari sisi teologis. Zakat tidak bisa dipahami dari sisi wajib dan tidak wajib, tapi harus lebih menukik pada dasar keimanan, sebagai salah satu dimensi dari ketauhidan yang dianut umat Islam.
Dengan menjadikan zakat sebagai ajaran teologis, umat Islam tidak bisa menganggap cukup dengan hanya mengeluarkan zakat serta setelah itu abai terhadap proses dan dampaknya. Mereka justru dituntut untuk melaksanakan zakat dengan niat yang benar, melalui proses yang sejalan dengan tujuan dan ajaran agama, yaitu melabuhkan keadilan, kesetaraan, dan kesejahteran bagi umat manusia.”
Tahap-tahap dalam program misyakat ini yaitu:
1.      Sosialisasi, dalam tahap ini petugas atau pendamping program melakukan pendekatan terhadap masyarakat kemudian mengadakan pertemuan terhadap masyarakat yang akan menjadi anggota pelaksanaan misyakat. Dalam pertemuan tersebut akan dijelaskan tantang program misyakat itu seperti apa,bagaimana cara kerjanya atau lebih dikenal dengan Orientasi Misyakat.
2.      Pendataan para peserta yang berminat kemudian diseleksi bagi para peserta yang mau berwirausaha dalam program misykat
3.      System pinjaman, tahap ini menjelaskan bagaimana system peminjaman modal dalam program tersebut, bagaimana tahap-tahapnya dan prosesnya.
4.      Merintis usaha dan memotivasinya. Usaha-usaha apa yang akan dikembangkan oleh kelompok-kelompok masyarakat tersebut dan memotivasi memberi dorongan terhadap anggota kelompok dan mendukung usaha yang mereka inginkan.
5.      Pengucuran dana, tahap ini pendamping memberikan pengarahan terhadap modal yang telah diberikan dan ketentuan berapa besar modal yang akan digulirkan oleh setiap kelompok. Dana diberikan disesuaikan dengan kebutuhan modal usaha kelompok tersebut.
6.      Evaluasi dan monitoring, tahap ini mengevaluasi dan mengamati bagaimana proses usaha yang didirikan berjalan lancar atau masih ada kekurangan dalam hal apa saja , permasalahan itu dibahas bersama dan diharapkan para anggota kelompok tersebut dapat menyelesaikannya supaya mereka dapat mencapai kemandirian sosial.
Usaha yang dijadikan orientasi program Misykat:
-          Usaha yang bisa produktif
-          Banyaknya link atau jaringan untuk pemasaran
-          Berjalannya usaha produktif masyarakat
-          Pengembangan usaha
Contoh program pemberdayaannya:

Dua tahun terakhir ini, kehidupan masyarakat kita, dirasakan makin memprihatinkan. Hampir sebagian besar kebutuhan pokok naik harganya. Ketersedia-annya pun terbatas. Sementara itu daya beli masyarakat pun tak kunjung meningkat.
Apalagi masyarakat miskin, khususnya para dhuafa di perdesaan seperti para buruh tani. Merekalah yang paling berat memikul keadaan ini. Saat ini pendapatan yang tidak seberapa sebagai buruh tani/kuli macul yang hanya Rp 10.000,-/hari, pun habis hanya terbeli 2 liter beras @ Rp 4.500,- tanpa lauk. Alhasil hanya dengan garam atau minyak bekas (jelantah) sajalah, keseharian lauk mereka.
Untuk itu DPU DT memfasilitasi para masyarakat dhuafa di perdesaan tersebut, khususnya para peternak agar bisa mengelola kegiatan usaha terpadu, berupa penggemukkan domba dan pengolahan singkong.
Usaha pengolahan singkong dimana setiap keluarga peternak peserta program akan mengolah 40 kg singkong setiap hari. Hasilnya berupa tepung tapioka (tepung aci) dan rasi (beras singkong) akan dijual kepada mitra yang ada dan siap menampung hasil pengelolaan singkong sehingga tidak perlu mencari pembeli hasil pengolahan tersebut, sebagian lagi dikonsumsi sendiri sebagai pangan pokok alternatif pengganti beras. Konsumsi 1kg rasi setara dengan 3 liter beras. Sehingga uang untuk membeli beras, bisa dialihkan sebagian untuk memberi lauk pauk yang bergizi seperti telur atau ikan. Sedang sebagian lagi bisa dialokasikan untuk pendidikan dan kesehatan.
Sedangkan kesempatan memelihara / pengge-mukkan domba, merupakan upaya mereka untuk menambah penghasilan keluarga. Dimana setiap keluarga peternak akan diberi kesempatan untuk memelihara / menggemukkan 5 ekor domba selama 3 bulan. Sehingga setiap 3 bulan sekali, mereka akan mendapat tambahan penghasilan dari usaha peternakaun mereka.
Tujuan
  1. Menambah penghasilan peternak dan petani
  2. Mengurangi pengangguran
  3. Adanya pendapatan tetap
  4. Pemberdayaan masyarakat dhuafa
  5. Terpenuhinya kebutuhan sandang, pangan & papan
  6. Keluar dari garis kemiskinan
Pola bantuan
  1. Pemberian hewan ternak minimal 5 ekor untuk 1 KK
  2. Penangan kesehatan hewa
  3. Pemberian 40 kg singkong untuk 1 KK perhari
  4. Pemberian mesin parut manual 1 unit untuk 5 KK
  5. Pemberian pelatihan dan pendampingan
System pemberdayaan
  1. Pelatihan beternak sistem modern
  2. Pelatihan pengolahan singkong
  3. Pendampingan 1 minggu dua kali
  4. Pepenguatan ruhiyah berbasis masjid
  5. Pelatihan kewirausahaan dan kepemimpinan
Bentuk program
  1. Penggemukkan domba
  2. Pembibitan domba
  3. Pengolahan singkong
  4. Pengalihan makanan pokok dari nasi menjadi rasi (beras singkong)
  5. Pemanfaatan halaman sekitar rumah dengan tanaman yang bermanfaat
  6. Pengadaan ternak lain seperti itik, belut dll
Donasi :
  • Rp. 500.000,-/orang untuk 1 ekor kambing
Produk yang ditawarkan:
  1. Domba aqiqah
  2. Daging domba untuk pasar
  3. Domba qurban
  4. Domba untuk diternakan
  5. Rasi dan Tepung Rasi
  6. Makanan olahan (TERAS)
    • Kue kering TERAS
    • Bolu TERAS
    • Kerupuk TERAS
    • Dan makanan olahan lain yang terbuat dari TERAS
Kelemahan program misykat yaitu keuntungan tidak maksimal dan para anggota sering mangkir untuk pembinaan setiap minggu. Solusinya dilimpahkan oleh kelompoknya masing-masing, apabila salah satu anggota meraka tidak ikut dalam pembinaan itu maka wewenang kelompok itu berhak meemberikan sanksi kepada anggotanya. Kenapa hal ini penting karena pada komitmen awal pelaksanaan program ini supaya berhasil setiap anggota kelompok misyakat harus ikut pembinaan karena disitu dibimbing dan diarahkan mendirikan usaha yang baik sesuai dengan apa yang anggota inginkan, supaya tidak merasa dirugikan salah satu pihak. Kendala yang dihadapi dari pendamping misykat antara lain:
1.      Usahanya macet sementara dana modal usaha sudah diberikan
2.      Perkembangan usaha yang lambat
3.      Penyalahgunaan dana
Kebijakan yang diberlakukan dalam program misyakat tersebut diambil bertujuan agar bernilai dalam masyarakat serta masyarakat tersebut dapat melaksanakannya bukan karena keterpaksaan dari salah satu pihak. Perbedaan misykat dengan lembaga lain:
·         Misykat lebih berorientasi pada bidang social
·         Dana dikelola oleh anggota atau peserta program misykat
·         Kemandirian masyarakat berwirausaha sebagai tujuan akhir
·         Bantuan misykat yang berbentuk dana
Program Misykat DPU-DT memakan waktu kurang lebih 3 tahun yang akan menghasilkan desa mandiri dan uang abadi dari dana qardhul hasan; dibagi menjadi enam semester. Setiap semester semua kelompok berhak mengajukan pinjaman modal usaha yang diinginkan. Dan setiap anggota kelompok wajib mengangsur dan mengikuti pelatihan materi yang diberikan.
DPU-DT jogja telah berhasil menyelenggarakan program Misykat selama satu periode di daerah Bantul. Dan saat ini program tersebut juga sedang berjalan di daerah sleman. Output yang diinginkan dari pemberdayaan zakat produktif tentu saja adalah meningkatkan pendapatan. Dan telah terbukti bisa meningkatkan rerata pendapatan 60 persen. Disamping itu yang tak kalah penting adalah sebagai sarana dakwah dan menghantarkan mustahik menjadi muzaki. Program pemberdayaan zakat produktif sesungguhnya sangat dibutuhkan kini. Ditengah persoalan klise bangsa ini berupa kemiskinan dan kurang lapangan kerja.
KESIMPULAN
Dari hasil interview kami pada tanggal 24 Mei 2011, pada salah satu narasumber DPU DT cabang Yogyakarta Jl. Agus Salim 56 A yaitu Bapak April Purwanto S.Ag memberikan sedikit banyak informasi tentang program misykat yaitu suatu program pemberdayaan ekonomi masyarakat yang berbentuk usaha mandiri sehingga diharapkan setiap anggota misykat yang sebagian besar masyarakat kekurangan secara ekonomi dapat meningkatkan produktivitas serta pendapatan ekonomi rumah tangga anggota. Dalam program ini, anggota misykat akan mendapatkan pembiayaan dan bergulir, keterampilan berusaha, pembinaan mental dan karakter, hingga mereka menjadi mandiri. 

{ 11 komentar... read them below or Comment }


  1. BERITA BAIK BERITA BAIK

    Halo semuanya, saya SUWANDI dari indonesia. Saya menyarankan Anda semua di sini untuk tidak mengajukan pinjaman untuk perusahaan atau pemberi pinjaman di halaman web ini, sebagian besar perusahaan di sini adalah tipuan, penipuan dan penipuan, dan juga beberapa testimonial di sini salah, mereka adalah orang yang sama. Karena itu, tolong berhati-hatilah untuk tidak menjalin kemitraan dengan mangsa Indonesia. Saya ditipu empat kali kira-kira Rp 200.000.000 untuk biaya registrasi, biaya transfer, bea cukai dan biaya asuransi, setelah pembayaran ini saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya untuk membayar berkali-kali. Ini akan menarik minat Anda untuk mengetahui ada undang-undang untuk membiayai undang-undang atau peraturan dewan pengurus ini untuk mendapatkan pinjaman dari undang-undang pemberi pinjaman atau perusahaan mana pun. Saya bersyukur bahwa saya menerima pinjaman cepat sebanyak $ 250.000 dari perusahaan yang diperkenalkan teman saya Achmad Halima. Perusahaan pinjaman yang benar dan dapat dipercaya (ALEXANDER ROBERT). Mereka sekarang menjadi perusahaan terbesar di AS, Eropa dan seluruh Asia. Misi dan komitmen Anda kepada Alexander's Loan Company didedikasikan untuk meringankan impian Anda dan membantu kita semua yang telah ditipu dan ditipu dalam proses mendapatkan pinjaman segera, memberi Anda keramahan kelas dunia. Perusahaan Pinjaman Alexander atau pemberi pinjaman tahu apa yang seharusnya ada di sepatu Anda dan mereka berusaha keras untuk tidak melupakan perasaan itu. Mereka akan mendapatkan kepercayaan Anda dengan mengkomunikasikan kepada Anda informasi yang perlu Anda ketahui, jika Anda perlu mengetahui dan berhak menawarkan pinjaman (pedagang pribadi atau pinjaman) dan layanan keuangan.

    Saya sangat bertekad membantu negara saya mendapatkan pinjaman dari penipuan dan segera, e-mail saya (suwandirobby01@gmail.com) atau (achmadhalima@gmail.com)

    Hubungi saya atau (alexanderrobertloan@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut, saya bersedia membantu. Tuhan memberkati kalian semua.

    BalasHapus

  2. BERITA BAIK BERITA BAIK

    Halo semuanya, saya SUWANDI dari indonesia. Saya menyarankan Anda semua di sini untuk tidak mengajukan pinjaman untuk perusahaan atau pemberi pinjaman di halaman web ini, sebagian besar perusahaan di sini adalah tipuan, penipuan dan penipuan, dan juga beberapa testimonial di sini salah, mereka adalah orang yang sama. Karena itu, tolong berhati-hatilah untuk tidak menjalin kemitraan dengan mangsa Indonesia. Saya ditipu empat kali kira-kira Rp 200.000.000 untuk biaya registrasi, biaya transfer, bea cukai dan biaya asuransi, setelah pembayaran ini saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya untuk membayar berkali-kali. Ini akan menarik minat Anda untuk mengetahui ada undang-undang untuk membiayai undang-undang atau peraturan dewan pengurus ini untuk mendapatkan pinjaman dari undang-undang pemberi pinjaman atau perusahaan mana pun. Saya bersyukur bahwa saya menerima pinjaman cepat sebanyak $ 250.000 dari perusahaan yang diperkenalkan teman saya Achmad Halima. Perusahaan pinjaman yang benar dan dapat dipercaya (ALEXANDER ROBERT). Mereka sekarang menjadi perusahaan terbesar di AS, Eropa dan seluruh Asia. Misi dan komitmen Anda kepada Alexander's Loan Company didedikasikan untuk meringankan impian Anda dan membantu kita semua yang telah ditipu dan ditipu dalam proses mendapatkan pinjaman segera, memberi Anda keramahan kelas dunia. Perusahaan Pinjaman Alexander atau pemberi pinjaman tahu apa yang seharusnya ada di sepatu Anda dan mereka berusaha keras untuk tidak melupakan perasaan itu. Mereka akan mendapatkan kepercayaan Anda dengan mengkomunikasikan kepada Anda informasi yang perlu Anda ketahui, jika Anda perlu mengetahui dan berhak menawarkan pinjaman (pedagang pribadi atau pinjaman) dan layanan keuangan.

    Saya sangat bertekad membantu negara saya mendapatkan pinjaman dari penipuan dan segera, e-mail saya (suwandirobby01@gmail.com) atau (achmadhalima@gmail.com)

    Hubungi saya atau (alexanderrobertloan@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut, saya bersedia membantu. Tuhan memberkati kalian semua.

    BalasHapus
  3. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Lukman Karina, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Suzan, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp700,000,000 (700 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: Suzaninvestment@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: Lukman.karina@yahoo.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Suzan, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Suzan, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: Amisha1213@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  4. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus
  5. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  6. Nama Perusahaan ::::: ONE BILLION RISING FUND
    Gmail ::: onebillionrisingfund@gmail.com

    Salam dari Perancis

    Saya ingin menciptakan kesadaran bagi orang-orang saya di Indonesia tentang Perusahaan Pinjaman bahwa saya mendapat pinjaman dari untuk mengurus tagihan medis orang tua saya dan saya dapat membuka bisnis keluarga untuk mereka

    ONE BILLION RISING FUND adalah perusahaan pinjaman yang datang untuk membantu saya selama krisis keuangan saya dan saya bisa mendapatkan pinjaman Euro15,000.00

    Jadi saya pergi untuk memberi tahu sesama orang Indonesia bahwa jika mereka membutuhkan pinjaman asli dari perusahaan tepercaya, mereka harus menghubungi ONE BILLION RISING FUND karena mereka telah menyelesaikan keraguan saya dan sekarang saya tahu bahwa tidak semua pemberi pinjaman online baik tetapi perusahaan buruk. tidak akan membiarkan kita melihat pemberi pinjaman yang baik
    Saya telah mendengar dan bertemu banyak pemberi pinjaman palsu ketika saya berada di Indonesia dan mereka semua membuat hidup saya di Indonesia tidak layak karena rahmat Tuhan saya memiliki kesempatan untuk melakukan perjalanan ke Prancis dan sudah 5 tahun sejak saya di sini di Perancis di mana saya bertemu dengan satu-ke-satu agen ONE BILLION RISING FUNDdan dia memperkenalkan memberi saya perusahaan gmail bahwa saya harus menghubungi perusahaan dan dia juga membantu saya mendapatkan pinjaman

    Maksud saya adalah bahwa masih ada pemberi pinjaman online nyata tetapi jika Anda masih tidak yakin bagaimana cara mendapatkan pinjaman, saya akan mendorong Anda untuk menghubungi perusahaan ini dengan Gmail di atas dan saya memastikan bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman dengan lancar dan mudah.

    Bersenang-senang selalu dengan ONE BILLION RISING FUND online

    Gmail saya
    Andy Muhammad Dwi
    andymuhammad.dwi@gmail.com

    Tambahkan ne di Google Hangout

    Tetap Perpesona

    BalasHapus
  7. Halo, saya Ny. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang swasta, apakah Anda berhutang? Anda butuh dorongan finansial? pinjaman untuk membangun bisnis baru, untuk memenuhi tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Saya memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga dengan tingkat bunga yang sangat rendah 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus
  8. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  9. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus
  10. RAMADHAN / COVID-19 PINJAMAN PEMBERDAYAAN, MEI 2020

    Di RIKA ANDERSON LOAN COMPANY, kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan untuk semua individu, suku bunga kami adalah 2% per tahun. Kami juga memberikan saran dan bantuan keuangan kepada kami, klien dan pelamar. Jika Anda memiliki proyek yang baik atau ingin memulai bisnis dan memerlukan pinjaman untuk segera membiayainya, kami dapat mendiskusikannya, menandatangani kontrak, dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda bersama dengan Bank Dunia dan Bank Industri.

    Kategori Bisnis

    Bisnis Merchandising.
    Bisnis manufaktur
    Bisnis Hibrid.
    Kepemilikan tunggal
    Kemitraan.
    Perusahaan.
    Perseroan terbatas.
    pinjaman pribadi.
    pinjaman investasi.
    Pinjaman Pinjaman.
    Kredit kepemilikan rumah.

    KONTAK PERUSAHAAN PINJAMAN:
    Situs web: rikaandersonloancompany.webs.com
    Email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Panggilan Pelanggan: +1 (323) 689-3663
    Obrolan Whatsapp: + 1-323-689-3663
    Facebook: Rika Anderson Alfreda
    Instagram: Rikaandersonloancompany.alfred
    Twitter: @LoanRika
    Kantor Pusat: 228 Park Ave S, New York, NY 10003-1502, AS
    Pajak / CAC /: 1095/0730/2028
    Mahkamah Agung Kabupaten New York, NY9016 34001

    BalasHapus
  11. Nama:::::Nisrina Endang
    Email:::::::endangnisrina@gmail.com
    Hibah Pinjaman::::::BCA Rp250.000.000
    Alamat:::::::::dari Makassar, Indonesia

    Saya Bu Nisrina Endang dari Makassar, Indonesia, saya menggunakan media untuk memberi tahu saudara-saudara saya bagaimana saya baru-baru ini mendapat pinjaman 250 juta dari seorang ibu yang baik ketika anak saya sakit dan membutuhkan transplantasi ginjal yang tidak saya lakukan' t memiliki semua uang, orang menolak untuk meminjamkan saya uang.

    bank saya menolak saya sampai saya bertemu dengan saksi Ibu Pertiwi Gesang email pertiwigesang@gmail.com dan ibu Merpati Darma dengan email merpatidarma@gmail.com yang memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang baik bernama PERUSAHAAN PINJAMAN Ibu RIKA ANDERSON.

    Mereka memberi saya pinjaman untuk membayar tagihan medis anak saya dan mendirikan bisnis tanpa jaminan dengan bunga 2%. Bu Rika penyelamat hidup, semoga Tuhan terus memberkati ibu yang jujur ​​atas perbuatan baiknya.


    PERUSAHAAN PINJAMAN RIKA ANDERSON
    https://rikaandersonloancompany.webs.com
    RikaandersonLoancompany@gmail.com
    WhatsApp: +1(929)526-0086.
    www.wasap.my/+19295260086/RikaAndersonloancompany
    Layanan Pelanggan Whatsapp: +1 916 448 1012

    BalasHapus

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

Pages - Menu

Blogger templates

Blogger templates

- Copyright © CURUG LAWE -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -